Beranda » about
Ar Rohmah Islamic Boarding School Group adalah sebuah Yayasan Pendidikan Islam di Kota Malang yang lahir di bawah bendera Pesantren Hidayatullah pada tahun 2004. Dengan menerapkan pendidikan berbasis pesantren, kami memadukan aspek intelektual, life skill, dan aspek mental-spiritual. Total terdapat 3 kampus yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh. Dengan izin Allah, Ar-Rohmah mempunyai total hampir 3000 santri aktif dan ratusan alumni yang tersebar di penjuru negeri. Ar-Rohmah sudah dipercaya oleh banyak wali santri.
Sebuah konsep maupun praktik yang diterapkan dalam Madrasah diupayakan merujuk kepada model yang diterapkan di zaman klasik atau generasi salaf. Pendidikan Islam masa klasik pada dasarnya hanya mengenal 2 jenjang saja, yakni ibtida’iyah dan jami’ah. Jenjang ibtida’iyah (pendidikan dasar) ditempuh oleh anak-anak usia pra-baligh, biasanya dalam bentuk kuttab, dimana di dalamnya diberikan materi-materi dasar berupa hafalan Al-Qur’an, bahasa, aqidah dan akhlaq. Pendidikan di Ar-Rohmah diselenggarakan dengan sistem marhalah per-angkatan, bukan sistem marhalah per-kemampuan individual. Dalam praktik, siswa kelas 1 akan dipilah dan disatukan dengan temannya yang setara berdasarkan kemampuannya, namun tidak akan dicampur dengan siswa kelas 2 atau kelas 3. Mempergunakan model tatap muka halaqah, dimana guru berinteraksi dengan murid dalam suasana khidmat dan sakral, namun tetap akrab dan rileks.
Materi Prasyarat adalah BTAQ (Baca Tulis Al-Qur’an)
Materi Pendukung ada empat macam:
Materi Inti mencakup tujuh bidang:
Dalam ta’lim dirasah Islamiyah ditekankan penggunaan kitab turats (kitab kuning). Hal ini dilakukan karena pesantren itu identik dengan bahasa Arab dan ngaji kitab, selain khazanah kekayaan intelektual Islam ditulis dalam bahasa Arab yang menjadi bahasa Internasional dunia Islam. Selanjutnya santri akan terbiasa dengan literatur kitab-kitab berbahasa Arab ketika belajar di pendidikan yang lebih tinggi nantinya.
Seluruh bahan dan literatur mempergunakan rujukan asli berbahasa Arab. Penerjemahan dan penjelasan materi ke dalam bahasa Indonesia dilakukan dalam proses tatap muka halaqah. Pemilihan bahan dan literatur berbahasa Arab disengaja sebagai salah satu sarana mengakrabkan siswa dengan bahasa Arab.
Buku pengangan atau buku rujukan materi ajar dikategorikan menjadi 2, yaitu: buku rujukan utama (main resources) dan rujukan pembantu (additional resources).
Buku rujukan utama yang dipergunakan:
Al-ikhlash wa an-niyat (kemurnian motivasi, tujuan dan amal), ash-shidq wal amanah (kejujuran dan keterpercayaan), az-zuhd wal wara’ (kebersahajaan dan kehati-hatian dalam menjalani hidup), al-mujahadah (kesungguhan), al-hubb wal-ukhuwwah fillah (cinta dan persaudaraan di jalan Allah), ash-shabr wal-hilm (kesabaran dan kesantunan pribadi).
Ibadah yang dilakukan di pesantren secara rutin selain sholat fardhu berjama’ah juga ibadah sunnah lainnya yaitu sholat lail, sholat rowatib, dzikir, tilawah dan puasa sunnah.
Halaqoh adalah tarbiyah musyrifah kepada santri untuk menjalin kedekatan serta penanaman hikmah yang dilaksanakan setiap satu pekan sekali di kamar santri.
Mampu bermuamalah dengan baik yaitu mampu menempatkan diri di lingkungan asrama dan sekolah. Mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain.
Pendidikan di pesantren menitikberatkan pada perkembangan spiritualitas, adab dan akhlaq anak yang dilaksanakan secara klasikal setiap satu pekan sekali.
Sains & Teknologi Unggulan – SMP-SMA Ar Rohmah Putri mengintegrasikan eksperimen laboratorium, pembelajaran berbasis proyek, dan teknologi digital. Program ini mencakup coding, Internet of Things (IoT), serta kompetisi sains untuk membentuk santri yang kritis dan inovatif. Selain itu, pembelajaran diarahkan agar ilmu menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah dan bermanfaat bagi umat.
SMP-SMA Ar Rohmah mengintegrasikan Sains dan Teknologi dalam sistem pembelajaran untuk membekali santri dengan pemahaman yang mendalam serta keterampilan praktis di era digital. Beberapa keunggulan yang dihadirkan:
Laboratorium Sains
Fasilitas laboratorium lengkap untuk eksperimen Fisika, Kimia, dan Biologi, sehingga santri dapat belajar secara langsung dan eksploratif.
Laboratorium Komputer dan Kelas Digital
Fasilitas laboratorium komputer modern digunakan untuk pembelajaran coding, desain grafis, pemrograman web, dan pengolahan data. Santri tidak hanya memahami teknologi, tetapi juga bagaimana menggunakannya dengan etika Islam untuk kemajuan umat.
Pembelajaran Berbasis Proyek
Santri mengerjakan proyek ilmiah yang mengasah keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas dalam menerapkan teori ke praktik nyata. Proyek ilmiah selalu dikaitkan dengan tanda-tanda kebesaran Allah. Santri diajak untuk merenungkan bagaimana ilmu pengetahuan mengokohkan keimanan.
Penggunaan Laptop dan Tablet untuk Pembelajaran
Santri diberikan kesempatan membawa laptop atau tablet untuk mendukung proses belajar, riset mandiri, serta pengembangan proyek berbasis teknologi. Dengan perangkat ini, mereka dapat mengakses sumber belajar digital, serta mengasah keterampilan teknologi secara lebih mendalam. Penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, untuk membangun pemahaman lebih dalam tentang teknologi.
Kompetisi dan Kolaborasi
Santri didorong untuk berpartisipasi dalam olimpiade sains, dan kompetisi robotika, baik nasional maupun internasional, serta bekerja sama dalam tim untuk memecahkan tantangan nyata.
Pengembangan Soft Skills dan Literasi Digital
Selain aspek akademik, santri dibekali dengan keterampilan literasi digital, etika teknologi, dan komunikasi ilmiah guna mempersiapkan mereka menjadi ilmuwan dan teknolog Muslim yang berkontribusi bagi masyarakat.
Program pembelajaran bilingual dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa agar mampu bersaing dan beradaptasi dalam lingkungan global yang semakin kompleks. Karena Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing bukan hanya sekadar keterampilan tambahan, tetapi menjadi kebutuhan utama untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional.
Program pembelajaran bilingual dirancang khusus untuk mempersiapkan siswa agar mampu bersaing dan beradaptasi dalam lingkungan global yang semakin kompleks. Karena Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa asing bukan hanya sekadar keterampilan tambahan, tetapi menjadi kebutuhan utama untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional.
Mengapa Pembelajaran Bilingual Penting?
Program pembelajaran bilingual di Pondok Pesantren AR ROHMAH IIBS menerapkan pendekatan yang inovatif dan menyenangkan. Beberapa metode yang digunakan meliputi:
Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam surat Al-Baqarah Ayat 124 :
۞ وَإِذِ ٱبْتَلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ رَبُّهُۥ بِكَلِمَٰتٍ فَأَتَمَّهُنَّ ۖ قَالَ إِنِّى جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا ۖ قَالَ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۖ قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِى ٱلظَّٰلِمِينَ
Artinya: Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya.
Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”.
Sedangkan di dalam hadist shahih Rasulullah Muhammad SAW bersabda :
كلكم راع، وكلكم مسئول عن رعيته، فالأمير راع، وهو مسئول عن رعيته، والرجل راع على أهل بيته، وهو مسئول عنهم، والمرأة راعية على بيت بعلها وولده، وهي مسئولة عنهم، والعبد راع على مال سيده، وهو مسئول عنه، فكلكم راع مسئول عن رعيته
“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Pemimpin negara adalah pemimpin dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka. Seorang budak adalah pemimpin atas harta tuannya dan ia akan ditanya tentang harta tersebut. Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang yang dipimpinnya.” (HR. Bukhari 893 dan Muslim 1829).
Ayat dan Hadits di atas memberikan Gambaran jelas tentang pentingnya Pemimpin.
Alloh subhanahu wata’ala akan meminta pertanggungjawaban setiap mukmin terhadap apa yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya. Seorang wanita adalah pemimpin bagi anggota keluarga suaminya serta anak-anaknya dan ia akan ditanya tentang mereka.
Maka diperlukan upaya yang maksimal untuk mewujudkan generasi pemimpin sebagaimana dijelaskan dalam nash di atas. Untuk mewujudkan Impian agar menjadi generasi pemimpin diperlukan proses pendidikan komprehensif yang dikelola dalam system Pesantren (Boarding School), meliputi Pendidikan aspek Ruhiyah, Aqliyah (intelektual) dan Jismiyah (life skill dan kemandirian).
Pesantren Ar-Rohmah Putri semua santri dan santriwati Belajar untuk Menyiapkan diri menjadi generasi pemimpin yang Taqwa, cerdas, mandiri dengan kriteria :
Kampus Putri dengan jenjang SMP & SMA yang berfokus pada hafalan al-quran, baik bagi yang baru mulai menghafal atau yang ingin menuntaskan hafalan 30 Juz
Kampus Putri dengan jenjang SMP & SMA yang berfokus pada pengenalan wawasan Internasional melalui intregasi kurikulum dalam dan luar negeri
Kampus Putra dengan jenjang SMP & SMA yang berfokus pada hafalan al-quran, baik bagi yang baru mulai menghafal atau yang ingin menuntaskan hafalan 30 Juz